SIAP HADAPI UJIAN DENGAN MIND MAPPING

Ujian Akhir Semester sudah didepan mata, pelajaran yang diterima sudah banyak dan dalam kondisi PJJ pula tentunya ada beberapa kesulitan yang dihadapi siswa karena tidak bisa mereview materi dikelas sebagaimana saat belajar bersama guru disekolah.

Maka cara terbaik untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi UAS selain fokus pada kisi-kisi yang diberikan guru tentu saja dengan berlatih membuat ringkasan materi. Salah satu cara meringkas materi pelajaran yang paling mudah dan simple serta tidak menghabiskan berlembar-lembar kertas adalah dengan metode Mind Mapping

Siap Hadapi UAS dengan Mind Mapping, kenapa ?

Mind Mapping atau Pemetaan Pikiran  adalah suatu metode untuk memaksimalkan potensi pikiran manusia dengan menggunakan otak kanan dan otak kirinya secara simultan. Metode ini diperkenalkan oleh Tony Buzan pada tahun 1974, seorang ahli pengembangan potensi manusia dari Inggris.

Upaya Tony Buzan sebenarnya muncul dari pengamatannya dalam bidang perkembangan teknologi komputer pada tahun 1971. Tony Buzan berpikir, “kenapa komputer perlu manual pemakaian ribuan lembar untuk dapat beroperasi?” tetapi “Kenapa manusia sebagai makhluk berpikir bisa jauh lebih hebat. Tanpa manual manusia bisa melakukan rekayasa dan tindakan yang dahsyat, misalnya mengubah dunia?”. Perbedaan kemampuan antara komputer dan manusia itu Tony Buzan kemudian mengeksplorasi daya pikir manusia dengan merekayasa model pengembangan potensi manusia yang disebutnya Pemetaan Pikiran.

Mind Mapping, Caranya adalah

Mind Mapping saat ini sudah dikenal luas di berbagai bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM). Penerapannya mencakup manajemen organisasipenulisanpembelajaranpengembangan diri, dan lain-lain. Namun, yang paling potensial adalah dalam bidang pengembangan diri. ‘Pemetaan pikiran’ dibuat dengan menggunakan tiga pensil/bolpoin berbeda warna(minimal) dan akar pemetaan pikiran harus memiliki 3 cabang(minimal) yang mengandung kata kunci yang singkat. (https://id.wikipedia.org/wiki/Pemetaan_pikiran)

Tentu saja manusia lebih hebat dari komputer karena manusia merupakan makhluk sempurna yang Allah ciptakan, dan tidak ada satupun ciptaan manusia yang mampu menandingi ciptaan Allah Al Khalik (Maha Pencipta).

Sebagaimana Allah berfirman :

لَقَدْ خَلَقْنَا ٱلْإِنسَٰنَ فِىٓ أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ

Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.
(QS 95:4) tafsirweb.com/12853-qeferensi: uran-surat-at-tin-ayat-4.html

Untuk itu sebagai hamba Allah yang beriman kita harus selalu bersyukur dan memaksimalkan semua potensi yang sudah Allah berikan kepada kita dengan terus bersemangat menuntut ilmu sebagai bekal di dunia dan di akhirat. Wallahu a’lam

oleh Ibu Elif Fitriah Mas’ud S.H.I

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *